Posted by yakob Senin, 10 Juni 2013 0 komentar


Perbandingan zorin OS dan Ubuntu
Sejarah ZorinOS
Zorin OS adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dirancang khusus untuk pengguna baru Linux. Memiliki interface seperti Windows dan banyak program serupa yang terdapat di Windows. Zorin OS juga dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna menjalankan banyak program Windows.

PERBANDINGAN DENGAN UBUNTU

1.      Sudah built in dengan codec multimedia

Dalam paket iso instalasi Zorin OS ini sudah dilengkapi dengan Ubuntu restricted extras. Paket tersebut berisi beberapa plugin/ekstensi untuk memutar berbagai format file audio maupun video. Contohnya beberapa varian Gstreamer. Bahkan juga sudah ditambahkan dengan Adobe Flash plugin. Jadi, kita tidak perlu khawatir lagi ketika ingin memutar lagu, video, maupun file animasi berupa flash. Tapi, kalau di Ubuntu, kita masih harus berjuang lagi untuk menginstall paket codec multimedia.

2.      Sudah include dengan Microsoft Truetype Corefonts

Artinya zorin Os ini sudah dilengkapi dengan koleksi fonts standar dari Microsoft. Misalnya Andale, Arial, Verdana, Georgia, Times New Roman, Corier New, Trebuchet MS, Comic Sans MS, dan Webdings. Jadi, Kita tak perlu khawatir jika tampilan font pada website atau aplikasi Office yang kita buka tidak sebagus atau seperti yang biasa tampil di windows.


3.      Sudah dilengkapi dengan aplikasi Wine

Wine bisa diibaratkan sebagai jembatan atau media perantara untuk menjalankan aplkasi berbasis Windows di Linux. Missalnya kita ingin menginstall adobe dreamweaver di linux, maka kita kita cukup menjalankan file .exe installernya, lalu tinggal melakukan langkah-langkah instalasi seperti yang bisa kita lakukan di windows. Jadi dengan wine ini, kita bisa menginstall aplikasi berbasis Windows di Linux (walaupun ada beberapa aplikasi yangmasih gagal diinstall).

4.      Sudah dilengkapi dengan GIMP

GIMP adalah aplikasi untuk mengedit gambar di Linux, atau bisa dibilang Photoshopnya Linux. Nah, jika anda baru menginstall Ubuntu, Anda tidak akan menemukan apliksai ini dalam default aplikasi grafisnya. Jadi, kita masih harus mengisntallnya melalui Ubuntu Software center. Beda dengan Zorin OS ini yang sudah built in denagn GIMP. Kita tinggal pakai saja (tak perlu repo-repot install lagi).
5.      Sudah dilengkapi dengan Gparted dan Ubuntu Tweak
Gparted adalah aplikasi untuk melakukan segala pekerjaan terkait dengan partitioning atau pembagian partisi. Termasuk pengeditan partisi yang ada. Sedangkan Ubuntu Tweak berfungsi untuk melakukan pembersihan sistem dari file-file sampah. Selain itu, juga bisa untuk melakukan kostumasi Linux kita. Nah, kedua fitur /aplikasi ini belum include pada ubuntu, sedangkan pada Zorin OS sudah bisa langsung kita gunakan.

6.      Sudah dilengkapi aplikasi firewall
Aplikasi ini harus diaktifkan dulu melalui sub menu System > administration.

7.      Sangat enak untuk dikustomisasi

Ada beberapa utilities atau fitur pendukung kustomisasi yang bisa sangat memanjakan kita pada zorin OS ini. Diantara fitur tersebut yaitu :
·         Zorin OS look changer
Seperti yang kita lihat pada screenshotnya di atas, kita bisa memilih tampilan menu utama, apakah seperti Windows 7, Gnome (Linux), atau Windows XP.
·         Gnomenu Settings
Menu ini bisa kita akses dengan cara melakukan klik kanan pada tombol menu utama Zorin OS. Setelah melakukan klik kanan di situ, pilih properties, maka akan muncul menu untuk melakukan kustomisasi tema seperti di bawah ini.

 Ada total 15 tema yang bisa kita pilih sesuai selera untuk tampilan menu utama Zorin OS ini.

8.      Sudah dilengkapi VLC media player & OpenShot Video Editor

VLC merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang paling populer. Diantara kelebihannya yaitu mendukung lebih banyak format video dan sudah dilengkapi dengan fitur effect serta equalizer. Dan untuk Openshot Video editor yaiut aplikasi yang digunakan untuk melakukan editing video.
CARA INSTALASI
 Proses Installasi ZorinOS
1.        Installasi ZorinOS yang pertama kali harus dilakukan adalah atur booting terlebih dahulu dan masukan CD ZorinOS ke dalam CD-ROM/DVD-ROM
Setelah masuk kita pilih yang Install atau yang Live CD, disini saya pakai yang Live CD. Setelah masuk kedalam desktop kita clik padaInstall ZorinOS, lalu akan muncul tampilan Welcome kita pilih bahasa yang akan di gunakan setelah selesai clik Forward

2.      Masuk ke Preparing to install ZorinOS kita langsung clik Forward

3.      Selanjutnya di Allocate Drive Space kita pilih yang Something Else lalu clik Forward

4.      Membuat partisi harddisk pertama kita Click New Partition Label,lalu clik Free Space dan click add, pilih Primary lalu isi kapasitas harddisk yang ingin di gunakan. Gunakan yang Beginning, pilih format Ext.4 Journaling File System, pilih / lalu Clik Ok

5.      Membuat partisi harddisk kedua kita Clik Free Space lalu click add, pilih Logical, lalu isi kapasitas hardisk yang ingin di guanakan. Gunakan yang Beginning, pilih mode Swap Area lalu Clik Ok. Setelah selesai clik Install Now

6.      Selanjutnya pilih Negara dan Daerah anda saat ini, jika sudah lalu clik Froward

6.      Masuk di Keyboard Layout kita langsung saja clik Forward

7.      Selanjutnya kita masukan Nama, Nama Komputer, Username,dan Password yang ingin kita gunakan, jika sudah clik Forward

8.      Tunggu hingga installasi selesai, setelah selesai clik Restart Now



KESIMPULAN PERBANDINNGAN
Zorin OS sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi siap pakai yang belum dimasukkan seagai default aplikasi pada ubuntu. Dalam hal ini, Zorin OS mirip dengan LINUX Mint. Bedanya, jumlah aplikasi default multimedia di Zorin OS tidak sebanyak yang terdapat di Linux Mint, terutama aplikasi pemutar videonya. Namun dengan Totem Movie Player dan VLC saja sebenarnya sudah mencukupi.
KESIMPULAN
Zorin OS adalah distro linux yang jelas-jelas diperuntukkan bagi pengguna pemula, tepatnya bagi mereka yang ingin mudah beradaptasi dengan Linux (setelah sekian lama terbiasa dengan windows). Dengan default aplikasi yang lumayan lengkap, tampilan menawan, keleluasaan kustomasi, kemudahan instalasi paket-paket software, serta antarmuka yang sangat ramah dan mudah digunakan, rasanya distro ini akan menjadi pesaing Linux mint untuk target pemula. 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman